https://www.mediainggris.com/2020/12/Asesmen-Kompetensi-Minimum-AKM-Tahun-2021.html
Thursday, 9 January 2020
Tuesday, 7 January 2020
Teks Report
Teks Report adalah teks yang bertujuan untuk mendeskripsikan sesuatu secara umum, yaitu meliputi berbagai benda yang ada di alam, hal/benda buatan manusia, dan fenomena social yang terjadi di sekitar kita. Teks Report berisi serangkaian fakta yang logis tanpa ada keterlibatan pribadi penulis. Teks has a social function to describe something in general, for example: Jellyfish in general, Rose in general.
Report
text dan Descriptive text memiliki kesamaan yaitu menjelaskan sesuatu(describe something),
perbedaanya adalah Teks report menjelaskan sesuatu secara umum sedangkan Teks
Descriptive menjelaskan sesuatu secara khusus. Teks report berisi serangkaian
fakta yang didasarkan pada suatu penelitian/research secara ilmiah dan hasilnya
dipaparkan kepada khalayak umum.
![]() |
Jellyfish |
Generic
structure:
1. General
classification
Pengantar
tentang sesuatu/fenomena yang akan dibahas.
2. Description
Menerangkan
sesuatu/fenomena yang dibahas, meliputi bagian-bagian, kualitas, dan perilaku.
Ciri-ciri
kebahasaan(language features)
-
Menggunakan simple present tense kecuali apabila yang
dibahas sudah punah menggunakan past tense.
-
Menggunakan action verbs (Kata kerja tindakan)
Contoh
Teks Report
Jellyfish
Jellyfish
are not really fish. They are invertebrate animals. This means that unlike fish
or people, they have no backbones. In fact, they have no bones at all.
Jellyfish
have stomachs and mouths, but no heads. They have nervous system for sensing
the world around them, but no brains. They are made almost entirely of water,
which is why you can look through them.
Some
Jellyfish can glow in darkness by making their own light. The light is made by
chemical reaction inside the Jellyfish. Scientis believe Jellyfish glow for
several reasons. For example, they may glow to scare away predators or to
attrack animals they like to eat.
Most
Jellyfish live in salt water, apart from a few types that live in fresh water.
Jellyfish are found in oceans and seas all over the world. They live in warm,
tropical seas and in icy waters near the North and South poles.
Dari teks di atas dapat
diidentifikasi:
Paragraf pertama merupakan
Identification yaitu Jellyfish secara umum
Paragraf kedua, ketiga dan keempat
merupakan penjelasan umum dari Jellyfish(Ubur-ubur)
Monday, 6 January 2020
Narrative Text
Senang
sekali akhirnya saya dapat posting mengenai artikel yang berkaitan dengan
pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMP/MTs yaitu Narrative text. Teks
ini merupakan satu dari beberapa jenis teks(Genre) Bahasa Inggris yang
diajarkan di SMP/MTs ataupun di SMA/MA. Sebelumnya penulis di blog Bahasa
Inggris anak posting materi pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah
dasar. Namun kali ini penulis juga ingin sharing materi Bahasa Inggris untuk
murid penulis yang di MTs. MTs Darul Hikmah Subah.
Sebelum
membahas panjang lebar mengenai teks narrative, marilah kita memahami
pengertian dari Sebuah teks Narrative itu sendiri. Narrative text adalah sebuah
teks imaginatif baik fiksi maupun non fiksi yang bertujuan menghibur pembaca
atau pendengar. Teks ini berupa cerita fiksi, cerita non-fiksi, dongeng(fairy
tales), cerita rakyat(folktales), cerita binatang(fable), legenda(legends),
mitos(myths) dan sebagainya. Contoh teks
narrative di dalam negeri seperti Cerita Malin Kundang, Rawa Pening, Legenda
Danau Toba, Kancil dll. Contoh teks narrative dari luar negeri seperti Cinderella,
Snow White, Prince Frog dll. Cerita narrative bisa juga berupa cerita non
fiksi seperti kisah hidup atau pengalaman seseorang yang memiliki konflik yang
diakhiri solusi. Cerita narrative teks memiliki ending baik happy ending
maupun bad/sad ending.
![]() |
Contoh Cerita tentang Narrative Text |
Cerita
teks narrative hampir sama dengan teks recount namun teks narrative memiliki
problematika yang berakhir dengan resolusi. Teks recount lebih menekankan pada
rangkaian peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Teks narrative
memiliki susuan atau generic structure yang menjadi ciri khasnya. Secara
umum teks ini memiliki struktur sebagai berikut:
Orientation:
Membahas
tentang pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita.
Complication:
Di
bagian ini terdapat permasalahan atau konfilik yang terjadi di dalam cerita.
Resolution:
Berisi
penyelesaian terhadap masalah yang terjadi.
Terkadang
di dalam suatu teks narrative memiliki struktur tambahan seperti Evaluation
dan Reorientation. Evaluation berisi tentang suatu evaluasi terhadap
jalanya cerita yang berlangsung sedangkan reorientation merupakan kesimpulan
akhir dari cerita.
Ketika
mempelajari jenis teks ini kita akan dihadapkan pada tenses atau bentuk waktu Past
tense yang meliputi: Simple past tense, Past continuous tense, dan past
perfect tense. Untuk pembelajaran narrative di SMP/MTs tenses lebih
difokuskan pada simple past dan past continuous. Mempelajari tenses satu paket
dengan materi teks narratif.
Contoh
teks Narrative penulis ambil dari laman MTs DH
THE
LONELY LANDY STORY
One day, there was a porcupine named
Landy. He was lonely. No one wanted to play with him, because they wereafraid
of his spikes.
“
Dear Landy. We don’t want to play with you because your spikes are too sharp.
We don’t want you to hurt us,”said Cici the rabbit one day.
“
Cici is right, Landy. It is not because uou are bad or rude to us, no, Landy.
Just because of your spikes. They will stab us if we ar close to you,”. Said
Tito the rooster.
Landy
felt lonely. Landy spent most of the time daydreaming at the river bank, “ I
would be happy if there were no spikes on my body.”
Suddenly,
kuku the turtle appeared from the river. He came to Landy and said, “ Landy,
what are you thinking of?”
Oh
nothing,” Landy replied
“
don’t lie to me. Landy! Who knows I can help you,” said Kuku wisely. Then he
sat beside Landy. He was not afraid of Landy spikes.
Shortly,
Landy told hs problem. Kuku nodded his head. He said “ por you. But isn’t your
fault. I know, your spikes are very useful and helpful for you. They will
realize it someday. Trust me!”
“Thanks.
Kuku. You are my best friend”
One
day Koko the frog held his bhirthday party. He invited all his friend,
including Landy. But he decide not to come. He didn’t want to mees
up the perty.
“
I will come with you andy. I’ll tell everyone that you’re harmless” said Kuku.
Finally Landy attented the perty. Everyone enjoyed it.
Suddenly Tito screamed, “
help….help….!the evl wolf is coming. Save yoursel!f,” then everyone saved their
lives,xcepy Kuku and Landy. Kuku pulled his head and his leg into his shell.
And Landy rolled his body into a ball.
Unintentionally, they evil wolf
thouced Landy. Of course, the spike pricked him. He screamed, “ouch!”.
Since his foot was bleeding, he didn’t chese Landy’s.
“horray….horray…!
long live Landy! He savd our lives,” said Cici and her friend. They thanked im
from then on. Landy was not lonely anymore.
Source of the story
Sampai di sini dulu yang bisa penulis sharing. Semoga sedikit uraian tentang Teks Narrative ini dapat membantu pembaca sekalian. Terima kasih
Subscribe to:
Posts (Atom)