Saturday 8 January 2022

Chapter III - Be healthy, be happy

 


Salah satu materi Short Functional Text yang dipejari dalam kurikulum Bahasa Inggris SMP adalah materi tentang label. Materi ini diajarkan baik di kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013.  Berikut ini penulis ingin share dan post materi tentang label.

Apa itu Label?
Label is an information contained in the outer packaging of a product or goods. Label adalah informasi yang ada dalam kemasan produk tertentu.

The purpose is to give detailed information about a product/memberikan informasi rinci mengenai produk tertentu.

 

Kemasan atau label biasanya terdapat dalam produk makanan (food), minuman (drink), obat(medicine), Produk kecantikan (Cosmetics) dan lainnya.

Dalam Kemasan produk/label biasanya memberikan beberapa informasi sebagai berikut:
1.
Name of the product
(Nama Produk/barang)

2.
Content/amount
(Isi/jumlah)

3.
Description
(Penjelasan seputar produk)

4.
Ingredients
(Komposisi)

5.
Nutrition Facts
(Informasi Gizi)

5.
Use
(Kegunaan/indikasi)

6.
Direction to use and Dosage
(Cara menggunakan dan Dosis)

7
Direction to store
(Petunjuk penyimpanan)

8.
Expiration date
(Tanggal kadaluarsa)


Contoh Label :

 

1. Label Obat

 


Sumber: Buku Bahasa Inggris Kelas IX Kurikulum 2013

Contoh label di atas adalah Children Cough Syrup. Kadang informasi di kemasan atau label tidak ditulis secara lengkap. Seperti contoh di atas, seperti  pada Use dan expiration date. Namun, pada produk yang lain ditulis secara lengkap. Berikut adalah contoh label yang lainnya:
Skin Cream
Indications    : For minor burns, insect bites, and minor cuts. Helps prevent infection.
Direction        : Apply a thin layer on the affected area thee times a day, Do not use it for more than two weeks.
Caution           :
Do not use on deep wounds. For external use only.
Keep out of children’s reach. Consult a doctor if irritation occurs.
Net weight          :  5 gram
Expiration           :  January 2010

2. Label Makanan
OREANO
Chocolate Biscuit & Vanilla Cream
INGREDIENTS:
Sugar, Wheat Flour, Vegetable Oil, Cocoa Powder, Milk Powder, Salt, Baking Powder (Ammonium and Sodium Bicarbonate), Vanilla Flavor, Soya Lecithin.
Manufactured in a facility that may process products that contain: peanuts, soy, wheat, eggs, milk, and tree nut products.
ALLERGEN: wheat, milk, soy.
Nutrition Facts
Amount per serving
% DV
Serving size: 3 pieces (35 g)
Serving per container: + 6
Total Calories: 170 Cal.
Calories from fat: 70 Cal.
Total fat
Protein
Total Carbohydrate
Sodium
8 g
2 g
25 g
75 mg
12
3
8
3
  • Percent Daily Values are based on a 2000 calorie diet.
Your Daily Values may be higher or lower depending on your calorie needs.
 
3. Label Minuman

INDOCAFE - COFFEEMIX
Nutrition Facts
Serving size                : 1 sachet (20 g)
Servins per container            : 30 sachets
Amount per serving
– calories         88            calories from fat    22
– Total fat       2,4 g                                        4%

Assalamu'alayka English Version By Almusto

Belajar Tentang Label Produk

Written By Almusto_Kangmus on Monday, September 3, 2018 | 9:22 PM


Salah satu materi Short Functional Text yang dipejari dalam kurikulum Bahasa Inggris SMP adalah materi tentang label. Materi ini diajarkan baik di kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013.  Berikut ini penulis ingin share dan post materi tentang label.

Apa itu Label?
Label is an information contained in the outer packaging of a product or goods. Label adalah informasi yang ada dalam kemasan produk tertentu.
The purpose is to give detailed information about a product/memberikan informasi rinci mengenai produk tertentu.

Kemasan atau label biasanya terdapat dalam produk makanan (food), minuman (drink), obat(medicine), Produk kecantikan (Cosmetics) dan lainnya.

Dalam Kemasan produk/label biasanya memberikan beberapa informasi sebagai berikut:
1.
Name of the product
(Nama Produk/barang)

2.
Content/amount
(Isi/jumlah)

3.
Description
(Penjelasan seputar produk)

4.
Ingredients
(Komposisi)

5.
Nutrition Facts
(Informasi Gizi)

5.
Use
(Kegunaan/indikasi)

6.
Direction to use and Dosage
(Cara menggunakan dan Dosis)

7
Direction to store
(Petunjuk penyimpanan)

8.
Expiration date
(Tanggal kadaluarsa)


Contoh Label :

1. Label Obat




Sumber: Buku Bahasa Inggris Kelas IX Kurikulum 2013

Contoh label di atas adalah Children Cough Syrup. Kadang informasi di kemasan atau label tidak ditulis secara lengkap. Seperti contoh di atas, seperti  pada Use dan expiration date. Namun, pada produk yang lain ditulis secara lengkap. Berikut adalah contoh label yang lainnya:
Skin Cream
Indications    : For minor burns, insect bites, and minor cuts. Helps prevent infection.
Direction        : Apply a thin layer on the affected area thee times a day, Do not use it for more than two weeks.
Caution           :
Do not use on deep wounds. For external use only.
Keep out of children’s reach. Consult a doctor if irritation occurs.
Net weight          :  5 gram
Expiration           :  January 2010

2. Label Makanan
OREANO
Chocolate Biscuit & Vanilla Cream
INGREDIENTS:
Sugar, Wheat Flour, Vegetable Oil, Cocoa Powder, Milk Powder, Salt, Baking Powder (Ammonium and Sodium Bicarbonate), Vanilla Flavor, Soya Lecithin.
Manufactured in a facility that may process products that contain: peanuts, soy, wheat, eggs, milk, and tree nut products.
ALLERGEN: wheat, milk, soy.
Nutrition Facts
Amount per serving
% DV
Serving size: 3 pieces (35 g)
Serving per container: + 6
Total Calories: 170 Cal.
Calories from fat: 70 Cal.
Total fat
Protein
Total Carbohydrate
Sodium
8 g
2 g
25 g
75 mg
12
3
8
3
  • Percent Daily Values are based on a 2000 calorie diet.
Your Daily Values may be higher or lower depending on your calorie needs.





3. Label Minuman

INDOCAFE - COFFEEMIX
Nutrition Facts
Serving size                : 1 sachet (20 g)
Servins per container            : 30 sachets
Amount per serving
– calories         88            calories from fat    22
– Total fat       2,4 g                                        4%
– Saturated fat 2g                                          10%
– Sodium 20mg                                               1%
– Total Carbohidrate 16g                              5%
– Sugars 9 gr
– Protein < 1g
INGREDIENTS: Sugar, non-dairy creamer, indocafe instant coffe
Best before: 06 15th, 2013

4. Label Kecantikan

LOTTEE EYE- LOTION
A HIGHLY EFFECTIVE EYE REMEDY
LOTTEE EYE – LOTION is safe and effective remedy for :
irritated, painful, fatigued, bleary and bloodshot eyes
providing a shooting and refreshing action
CONTENT: 15 ml
Manufactured By:
Pharmaceutical PT Samie Sahari, Jakarta, Indonesia


Setelah membaca materi tentang Label di atas, anda dapat mengevaluasi pemahaman anda sendiri dengan mengerjakan soal online di bawah ini. Soal online ini gratis dan yang pasti setelah mengerjakannya anda akan disuguhkan skor/nilai anda langsung. Cobalah!  

Friday 7 January 2022

Chapter IV - This is how you do it!

 

Welcome to my blog everybody. Selamat datang di blog saya para pengunjung yang budiman. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk beraktifitas dalam menjalani kehidupan ini dengan sehat wal’afiat. Amin. Melalui blog ini penulis akan terus berkreasi menyajikan materi soal video dan lainnya seputar Pembelajaran Bahasa Inggris tentunya. Di postingan kali ini penulis akan berbagi serba-serbi mengenai Procedure Text. Jadi penulis blog akan mengumpulkan apa saja seputar teks prosedur ini dalam satu postingan untuk memudahkan para pengunjung belajar suatu materi tertentu seperti Materi tertulis, Materi Video Soal PDF, Soal Online, Soal Pengayaan(Enrichment test), Soal Remedial(Remidi) dan lainnya.

Berikut ini penulis berikan link serba-serbi mengenai teks procedure:

Materi Teks Procedure

Video Ringkasan Teks Procedure

Video How to make a cup of coffee

Contoh Teks Procedure  1: How to make Spicy Coconut Salad Urap

Contoh Teks Procedure 2: How to make Piscok

Contoh Teks Procedure 3: How to make a cup of coffee

Contoh Teks Procedure 4: How to create a free blog

Contoh Teks Procedure 5: How to make mailing merge

Contoh Teks Procedure 6: How to sign up Gmail

Contoh Teks Procedure 7: How to capture pictures or screen

Contoh Teks Procedure 8: How to cure a bee sting

Contoh Teks Procedure 9: How to send SMS through mobile phone

Soal Worksheet LKPD Teks Procedure

Soal Online Google Form Teks Procedure 1 Klik di sini

Soal Online Teks Procedure 2  Klik di sini

Soal Remedial(Remidi) Procedure Text

Soal Pengayaan(Enrichment) Procedure Text

(Keterangan: Jika ada link yang belum aktif berarti masih dalam pengerjaan dan penyusunan).

 

Dukung dan support blog ini dengan cara tonton video, like, comment dan subscribe gratis di channel You Tube blog ini, yaitu AlmustoChannel. Dengan subscribe anda akan mendapatkan update video-video pembelajaran terbaru seputar Bahasa Inggris.

 

Tetap semangat, Terima kasih atas kunjungan anda di blog ini. Semoga bermanfaat. Saran, kritik, dan masukan selalu penulis nantikan dari para pengunjung yang tercinta. Salam sukses berjama’ah buat kita semua. Amin.

 

Thursday 6 January 2022

Chapter V - Everybody is always in the middle of something

 

Present Continuous tense adalah salah satu dari 16 tenses dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kegiatan atau aktifitas yang sedang dilakukan atau berlangsung sekarang.

Rumus sederhana:
Affirmative/Kalimat berita/positif (+)

S + to be + V-ing + O/C

Dari formula diatas terdapat rumus turunan yang digunakan untuk kalimat negative(negative sentence) dan Kalimat tanya(interrogative):

S + to be + not + V-ing + O/C
To be + S + V-ing + O/C ?

Penggunaan to be:
I
: am
He
: is
You
: are
She
: is
They
: are
It
: is
we
: are



Keterangan:
S
: Subject
To be
: Auxiliary(kata kerja bantu)
V-ing
: Gerund (Kata kerja ditambah –ing)
O/C
: Object/Complement ( Objek/Pelengkap

Kata Keterangan waktu yang biasa digunakan dalam tenses ini:
Now, right now, at the moment etc.

Contoh dalam penggunaan kalimat:
Kalimat  Affirmative/positive (+)
Rina is cooking fish in the kitchen now

Rina sebagai Subjek, is adalah tobe(karena she jadi menggunakan tobe –is), cooking berasal dari kata kerja cook kemudian ditambah ing sehingga menjadi cooking, fish sebagai objek, dilanjutkan in the kitchen dan now masuk complement atau pelengkap(kata keterangan tempat dan waktu).

Kalimat negative dari affirmative di atas sebagai berikut:
Rina is not cooking fish in the kitchen now.

Untuk membentuk kalimat negatif(negative sentence) maka setelah –to be ditambah dengan –not.

Kalimat tanya(interrogative sentence) sebagai berikut:
Is Rina cooking fish in the kitchen now?
Yes, She is
No, She is not (isn’t)

Untuk membuat kalimat tanya yes-no quetion maka –to be diletakkan di depan subjek.

Postingan terkait:







Demikian sedikit uraian mengenai “Present Progressive tense” setelah postingan ini penulis akan menyajikan soal-soal latihan berkaitan dengan tenses ini. Terima kasih.
 
Past continuous tense juga disebut past progressive biasanya digunakan dalam teks recount maupun teks narrative. Past continuous biasanya digabung dengan simple past tense.  Baik simple past maupun past continuous merupakan unsur kebahasaan(Language features) yang digunakan dalam 2 teks genre di atas. 

Di posting sebelumnya penulis sudah discuss tentang simple past tense. Pada kesempatan dini hari ini penulis ingin share materi  past continuous tense.  
 
Past continuous sebenarnya sama dengan present continuous tense hanya saja, kalau past continuous digunakan untuk mengekspresikan aktifitas yang sedang dilakukan pada masa lampau atau sudah lewat. Perlu digaris bawahi bahwa kegiatan itu sedang berlangsung saat itu juga di masa lampau.

Secara umum, pola yang digunakan dalam bentuk waktu ini adalah:

S + to be (was/were) + V ing ... (Affirmative/positif)\

Dari bentuk positif di atas dapat dibentuk kalimat menyangkal atau negative sentence dengan menambahkan -not setelah to be (was/were), sehingga polanya menjadi sebagai berikut:

S + to be (wa/were) not + V ing ... (Negative)

Untuk membentuk kalimat tanya(interogative sentence), maka to be (was/were) diletakkan pada awal kalimat. Kalimat pertanyaan di sini merupakan bentuk -yes no question dimana jawabanya selalu ya atau tidak. pola interogative sebagai berikut:

to be (was/were) + S + V ing ... (Interogative)

Untuk membuat kalimat tanya berbentuk information question maka dapat menggunakan kata tanya yang  menggunakan formula 5 W + 1 H (What, where, when, why, who dan How). Polanya sebagai berikut:

Question word + to be (was/were) + S + V ing ...

Berikut adalah contoh kalimat yang mewakili rumus di atas:

- Irma was sweeping the floor at 8 a.m yesterday. (+)
  (Irma sedang menyapu lantai pada jam delapan pagi kemarin.)

- Irma was not sweeping the floor at 8 a.m yesterday. (-)
  (Irma tidak sedang menyapu lantai pada jam delapan pagi kemarin.)

- Was Irma sweeping the floor at 8 a.m yesterday? Yes she was/No, she was not. (?)
  (Apakah Irma sedang menyapu lantai pada jam delapan pagi kemarin?)Ya/tidak.

- When was Irma sweeping the floor yesterday? (?) She was sweeping at 8 a.m.
  (Kapan Irma sedang menyapu lantai kemarin?) Dia sedang menyapu jam delapan pagi,

Catatan: 
Untuk subjek: I, he, she dan it menggunakan to be "was" sedangkan you, they, we menggunakan "were".

Materi berikutnya adalah penggabungan dua kegiatan yang terjadi di waktu lampau atau Past continuous versus simple past tense. Untuk membentuk kalimat tersebut kita dapat menggunakan kata sambung "when/while". While selalu diikuti past continuous tense sedangkan when biasanya diikuti past tense. Supaya lebih paham dalam penggunaanya berikut penulis tuliskan contohnya:

- I was sleeping when my father knocked the door. (Saya sedang tidur ketika Ayah mengetuk pintu.)
- She finished eating while he was cleaning the school yard.
- When the lamp went out, Mother was cooking fish.
- While uncle Budi and aunt Tina were playing badminton, I watched television.
- Rina was making a cake while Rudi and Dodi were preparing juices. 

Demikian uraian singkat mengenai Past continuous tense dan penggunaanya dalam kalimat, semoga dapat memberikan pencerahan bagi para pembaca dan pengunjung blog. Terima kasih.
 
Belajar 16 tenses Bahasa Inggris sangatlah penting. Di posting sebelumnya penulis sudah share Materi SimpleFuture dan Future perfect. Nah, untuk kali ini untuk melengkapi tenses present future yang terdiri dari 4 tenses pokok, maka pada kesempatan ini penulis ingin membahas khusus “Future continuous/progressive”.

Future Continuous dapat didefinisikan tenses yang digunakan untuk menyatakan action atau tindakan yang akan sedang dilakukan pada masa yang akan datang. Lebih sederhananya, dapat penulis contohkan sebagai berikut:
Saya memiliki jadwal mengajar Bahasa Inggris di Kelas 9 A besok pada jam 07.10 pagi. Dapat saya katakan dengan menggunakan Future continuous, Bahwa besok pada jam 07.10 pagi saya sedang mengajar di kelas 9 A.(I will be teaching English in the 9th grade tomorrow at ten past seven a.m.)
 
Pada contoh kasus di atas kita dapat mengeskspresikannya dalam bentuk Future progressive tense.
Secara umum pola/pattern future continuous/progressive tense sebagai berikut:

S+Will/Shall be+ V-ing

Catatan:
Seperti biasa jika kita ingin membentuk kalimat menyangkala atau negatif dapat ditambahkan “not” setelah Will/Shall. Selanjutnya untuk kalimat tanya/interogatif Modal auxiliary “Will/Shall dapat diletakkan di depan kalimat.

Contoh Kalimat Future Continuous:
1.
(+) Nita will be visiting her grandpa tomorrow morning.
(-) Nita will not be visiting her grandpa tomorrow morning.
(?) Will Nita be visiting her grandpa tomorrow morning? Yes, She will/No, She will        not
2
(+) Imron and Amir will be playing football at 04.00 p.m.
(-) Imron and Amir will not be playing football at 04.00 p.m.
(?) Will Imron and Amir be playing football at 04.00 p.m.? Yes, they will/ No, They      will not (won’t)

Untuk membentuk kalimat tanya menggunakan Question words (5 W + 1 H) susunannya adalah Question words dulu diikuti Will kemudian Subjek lanjut ke Verb atau kata kerja.
Contoh:
What will Tiara be doing tonight after Isya’? She will be doing her homework with her friends. ( Apa yang akan dilakukan Tiara besok setelah Isya’? Dia sedang mengerjakan PR bersama dengan teman-temannya.)

Contoh dalam bentuk kalimat rumpang:
1.
Danuri _______________ (travel) to Singapore next month.
Danuri Will be travelling to Singapore next month.
2.
The robbers ________________ (steal) money to the bank tonight around 10.00 p.m.
3.
The plane ________________ (land) on Ahmad Yani Airport tomorrow morning.
4.
Mother __________________ (go) to Beji Market next week
5.
By 7.00 in the morning tomorrow, I ___________________ (eat) Megono.
6.
What __________ Jihan ______________(write) on his diary book tonight?
7.
Father _______________ (not visit) his clients at four in the afternoon.
8.
Next year, Indonesia _______________ (defeat) Spain in the same area.
9.
At eight in the evening the day after tomorrow, I _____________ ( attend) my bos’ wedding party.
10.
The cat ________________ (not drink) milk the next day.